10 Fakta Dan Mitos Wanita Hamil

Posted by Cerita Lucu Terbaru 2013 3 komentar
Menjalani kehamilan dalam hidup bermasyarakat tidaklah selalu berjalan mulus. Saat Anda berusaha bersikap dan berpikir positif, beberapa aturan dan mitos-mitos justu membuat Anda terjebak pada satu situasi dan kondisi yang membingungkan. Apa benar minum air es saat hamil dapat membuat janin besar? Apakah saat hamil Anda harus makan dua kali lipat? Lalu sejauh mana kita mengetahui mengenai mitos-mitos yang terlanjur berkembang di masyarakat? Manakah yang benar-benar mitos dan manakah yang benar-benar kenyataan.
10 Fakta Dan Mitos Wanita Hamil berikut ini mungkin dapat membantu Anda dari kebingungan :


1. MITOS : Saat Hamil Harus Makan Dua Kali Lipat. 
FAKTA: saat hamil Anda harus memperhatikan nutrisi dengan makan seimbang. Kebanyakan makan justru menambah besar ukuran dan berat badan Anda dan janin sehingga dapat menyulitkan persalinan.
 
2. MITOS : Saat Hamil Tidak Boleh Makan Buah Pisang Ambon, Nanas, Dan Durian. 
FAKTA: Anda boleh mengkonsumsi semua jenis buah asalkan tidak berlebihan. Seandainya terjadi gangguan pada tubuh saat mengkonsumsi, mungkin saat itu Anda sedang tidak fit atau memang Anda alergi terhadap buah tersebut.
 
3. MITOS : Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Daging Kambing Karena Membahayakan Janin. 
FAKTA: jika Anda tidak mempunyai riwayat penyakit kolesterol dan jantung, Anda boleh menyantap daging kambing asalkan dalam porsi sewajarnya, karena daging kambing mengandung kadar <I>purin</I> (lemak jenuh) tinggi yang bisa mempengaruhi metabolisme asam urat. Hal inilah yang berbahaya bagi penderita kolesterol dan jantung.
 
4. MITOS : Minum Air Es Membuat Janin Besar. 
FAKTA: air dengan ataupun tanpa es, sebenarnya tidak memiliki nilai gizi atau energi, sehingga tidak mempengaruhi peningkatan berat badan Anda maupun janin.
 
5. MITOS : Tidak Boleh Berhubungan Suami-Istri Terlalu Sering. 
FAKTA: jika Anda memiliki riwayat keguguran berulang (<I>abortus habitualis</I>), aktivitas ini memang perlu dilakukan dengan sangat hati-hati terutama pada kehamilan muda. Lihat Posisi Suami Isteri Saat Hamil.
 
6. MITOS : Minum Jamu Lebih Aman. 
FAKTA: penelitian terhadap bahan jamu murni pun membuktikan bahwa tidak semua jamu aman, karena dalam bahan jamu (sekalipun dari alam) tentu ada jenis dari tanaman tertentu yang mengandung alkohol dan dapat mempengaruhi rahim sehingga membahayakan janin. Jika Anda ingin mengkonsumsi jamu sebaiknya masih dalam pengawasan dokter.
 
7. MITOS : Jangan Kerja Atau Olah Raga Berat. 
FAKTA: wanita hamil manapun tidak akan dianjurkan untuk melakukan pekerjaan atau olah raga yang terlalu berat. Terutama yang telah mengalami keguguran ataupun proses melahirkan beberapa kali sebelumnya.
 
8. MITOS : Membatasi Makanan Tertentu.
FAKTA: jika Anda pernah mengalami <I>pre-eklamsia</I>, ginjal, atau darah tinggi, Anda memang harus membatasi makanan yang mengandung banyak garam. Begitupula jika Anda mempunyai riwayat kencing manis, kurangi makanan manis, makanan berkalori tinggi dan berlemak jenuh.
 
9. MITOS : Tidak Boleh Mengurut Perut. 
FAKTA: mengurut perut dengan keras dapat menimbulkan <I>stress</I> pada janin dan akan mengganggu pertumbuhannya. Mengurut perut dapat menimbulkan komplikasi apabila sudah ada gangguan pelekatan plasenta, dimana pelekatan plasenta yang rapuh, mudah lepas dan luruh akan mengakibatkan pendarahan.
 
10. MITOS : Minum Air Kelapa Mempercepat Persalinan. 
FAKTA: sebenarnya belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut, karena kelancaran persalinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Kalaupun sesaat setelah minum air kelapa Anda dapat melahirkan dengan lancar, mungkin janin dalam perut memang telah menunjukkan tanda-tanda persalinan.

Semoga 10 Fakta Dan Mitos Wanita Hamil ini dapat lebih membuka pengetahuan Anda pada masa kehamilan. Berikan pengertian kepada keluarga atau teman-teman mengenai fakta di balik mitos-mitos tersebut, sehingga Anda dapat menjalani masa kehamilan dengan lebih nyaman.

Lihat juga Saran Dokter Cantik dr. Rosdiana Ramli, SpOG mengenai : Cara Dan Tips Agar Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Bagikan ke Teman :

3 komentar:

  1. bener juga sih,,, sesuai dengan logika aja...

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak mitos yang tidak benar membuat banyak ibu hamil merasa resah... semoga ibu hamil membaca artikel ini agar tidak khawatir mengenai mitos yang beredar dan tidak benar ini. Termikasih gan informasinya

    BalasHapus

Komentar yang diterbitkan hanya komentar yang sesuai dengan topik,...
Terima kasih!