6 Tips Mendapatkan Mimpi Indah

Posted by Cerita Lucu Terbaru 2013 1 komentar

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).
Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.
Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi.

Lantas bagaimana agar kita bisa mendapatkan mimpi indah? berikut tipsnya :

1. Hindari mengkonsumsi kafein, alkohol, dan nikotin sebelum tidur.


Jangan mengkonsumsi kopi, alkohol, atau merokok sebelum tidur. Jika anda harus menggunakan zat-zat tersebut, konsumsilah jauh sebelum waktu tidur anda. Ketiga zat tersebut bisa mengurangi kualitas tidur anda, bahkan anda bisa mengalami kesulitan tidur. 
Kopi terkenal akan kandungan kafeinnya yang tinggi. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya terkait dengan aktivitas kafein di dalam tubuh. Peranan utama kafein ini di dalam tubuh adalah meningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. Efeknya ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsi kopi.
Etanol pada minuman beralkohol dapat menghilangkan kesadaran, manusia yang mengkonsumsinya dapat melakukan perbuatan buruk yang tidak disadari.
Rokok mengandung Nikotina yang merupakan racun saraf yang potensial dan digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida.
Selain menghindari ketiga zat ini, jangan makan terlalu kenyang sebelum tidur. Minumlah segelas susu untuk mempernyaman proses tidur anda.

2. Kondisikan kamar tidur anda Senyaman mungkin

 
Pastikan kamar tidur anda bersih, nyaman, dan tenang. Jangan menggunakan kasur untuk aktivitas selain tidur, misal untuk makan atau belajar. Tidurlah dalam kondisi kamar gelap (lampu mati) dan pastikan sirkulasi udara lancar, buka jendela jika udara terlalu panas. JIka anda tidak bisa tidur dalam kondisi lampu mati, kurangi cahaya di kamar anda, misal dengan menggunakan lampu tidur atau lampu dengan watt yang lebih rendah.

3. Hindari aktifitas fisik yang terlalu melelahkan sebelum tidur

Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang melelahkan dalam durasi 4 jam sebelum tidur. Terlalu lelah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan sakit pada tubuh anda. Hal inilah yang biasanya menjadi penyebab utama mimpi buruk.

4. Kurangi kebiasaan tidur siang

 
Tidur siang, apalagi jika terlalu lama bisa membuat tubuh anda terlalu segar pada waktu tidur. Karena jam tidur anda mundur, maka siklus biologis anda pun akan sedikit terganggu. Hal ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman baik waktu tidur ataupun saat terbangun.

5. Mendengarkan musik

 
Sambil mendengarkan musik tersebut, cobalah untuk rileks. Rasakan tiap hembusan nafas anda, dan cobalah untuk melemaskan setiap otot di tubuh anda, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Metode relaksasi ini bisa dilakukan dalam posisi duduk yang tegak dan nyaman, atau sambil berbaring. Sambil mengatur nafas, fokuskan pikiran anda ke suatu objek, bisa berupa lilin atau api, warna-warna yang berubah dan berpendar, atau bunga yang perlahan-lahan berkembang mulai dari kuncup hingga mekar sempurna. Lakukan hal ini kurang lebih selama 15 menit. Jika anda bertujuan untuk tertidur dengan nyenyak dan bermimpi indah, jangan lupa untuk mematikan musik sebelum tidur.
6. Meditasi
 
Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Meditasi lebih ditujukan untuk memberi rasa nyaman secara psikologis. Metode ini terutama bertujuan untuk menghilangkan rasa gelisah ataupun berbagai masalah yang kadang terus menerus anda pikirkan hingga terbawa dalam mimpi.

Dengan tips ini semoga anda bisa mendapatkan mimpi indah seperti yang anda inginkan!

Cara Cepat Hamil

Bagikan ke Teman :

1 komentar:

Komentar yang diterbitkan hanya komentar yang sesuai dengan topik,...
Terima kasih!